Minggu, 13 Oktober 2013

Menu Halal Setiap Hari bersama Wardah Kosmetik

Assallammu'alaikum, wr. wb :)



Awal cerita semasa SMP dulu saya adalah seorang anak yang ‘cuek’ tidak suka make up, penampilan kucel dan berantakan. Bahkan karena sempat ikut ekstrakurikuler yang memakan banyak waktu di luar ruangan, kulit saya yang terpapar sinar matahari langsung tidak bisa diselamatkan lagi dari kerusakan. Mulai dari bintik-bintik biang keringat, sampai warna kulit yang tidak merata (baca: panu, di wajah. bayangkan!). Selain itu, warna kulit juga menjadi jauh lebih gelap dari aslinya, mungkin efek dari tidak ada sama sekali pelindung kulit yang saya gunakan. Padahal ketika itu adalah masa-masa pubertas alias masa-masa punya gebetan, cieee... Tapi dengan keadaan seperti saat itu? Boro-boro mau cari perhatian, yang ada malah ngumpet tiap si doi lewat depan kelas, minder meeen... Hahahaha :D


Nah... Berangkat dari rasa minder itulah saya coba-coba menggunakan make-up. Setelah duduk di kelas 3 SMP, saya mulai menggunakan pelembap dan bedak setiap ke sekolah. Bedak pertama yang saya pakai adalah Compact Powder dari Wardah. Bedak ini lah yang selalu mama saya gunakan. Jadi, bedak pertama saya adalah hasil jarahan dari mamah, hehe. Ketika itu mamah mengizinkan saya menggunakan bedak wardah nya karena beliau yakin bedak ini aman. Setelah bedak jarahan ini habis, saya lanjut dengan membeli sendiri dari uang jajan yang saya miliki. Kenapa? Karena saya merasakan perubahan yang cukup drastis. Biang keringat sudah mulai hilang dan warna kulit mulai merata. Selain ituuu, saya juga merasa lebih cantik segar dan percaya diri ketika berangkat ke sekolah :p

Inilah penampakan wajah saya yang hanya menggunakan pelembap dan compact powder, terlihat polos, lucu dan menggemaskan segar, bukan? :p

Pemakaian pelembap + bedak ini bertahan hingga saya memasuki bangku SMK. Karena saya masuk di Jurusan Sekretaris, ilmu tentang kosmetikpun mulai bertambah. Mulai mengenal foundation, maskara, lipstick dan lain-lain. Sempat ragu juga ketika ingin menggunakan kosmetik macam-mcam karena isu bahan berbahaya yang terkandung di dalamnya. Banyak informasi yang mengatakan bahwa bahan berbahaya tersebut dapat memberikan efek samping jangka panjang dan jangka pendek yang mengerikan. Hiii jadi serem kan yaa? Ditambah beredar lagi isu tentang kosmetik dengan campuran bahan-bahan yang diharamkan dalam Islam.

WHAT?! Kok bisa? :o



Kosmetik Halal untuk pilihan hidup "Halal is My Life"

Ternyata bukan makanan saja ya yang harus jelas kehalalannya? (polos) Kosmetikpun bisa tercampur dengan bahan-bahan haram! Buru-buru saya cek kandungan dari bedak dan pelembap yang saya gunakan. Setelah browsing dan mendapatkan informasi dari berbagai blog, alhamdulillah ternyata kosmetik Wardah yang saya gunakan selama ini sudah bersertifikat halal dan memiliki label halal dari MUI di setiap produknya. Fiuh, tenaaaang...

Hampir sama halnya dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, kosmetik yang bersentuhan langsung dengan kulit dan selanjutnya menyerap ke dalam tubuh kitapun harus jelas kehalalannya. Walaupun sebelumnya kami tidak mengetahui adanya kemungkinan campuran bahan-bahan haram pada kosmetik, kami bersyukur telah sejak awal menjatuhkan kepercayaan kami kepada Wardah, kosmetik halal.

Kosmetik aman belum tentu halal. Kosmetik halal insya Allah aman. Pilih yang mana? Sebagai muslim, kehalalan sudah pasti menjadi pertimbangan utama dalam menentukan pilihan. Na'udzubillah, jangan sampai ketika kita sudah sangat berhati-hati untuk tidak mengkonsumsi makanan haram, tapi tanpa disadasri kita malah "mengkonsumsi" yang haram tersebut dalam bentuk lain. Untuk itu saya tidak ragu lagi untuk melengkapi koleksi kosmetik saya dengan berbagai produk dari Wardah Kosmetik.
"Wardah Cosmetics merupakan produsen kosmetik yang pertama kali mengusung tema halal dan aman. Muncul di Indonesia pada tahun 1995, didirikan oleh Nurhayati Subakat. Awalnya Wardah dipasarkan secara door to door, multi level marketing, hingga sekarang produknya mudah dijumpai di pasar. Saat ini sudah ada lebih dari 200 produk Wardah yang sudah mempunyai sertifikat halal, mulai dari perawatan wajah hingga perawatan tubuh."
Saya dan mamah kompak memilih Wardah sebagai kosmetik halal yang akan terus kami gunakan. Hal ini dikarenakan kami ingin menerapkan sepenuhnya motto Halal is My Life yang selanjutnya menjadi kebiasaan wajib yang kami miliki. Selain itu kami juga ingin memberikan apresiasi kepada Wardah sebagai pencetus kosmetik halal pertama di Indonesia dengan menjadi pelanggan setia. Juga sebagai rasa terima kasih kami karena telah diingatkan untuk lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik.


Make-Up Natural Sehari-hari

Dulu, bedak dan pelembap saja cukup. Tapi sekarang setelah duduk di bangku kuliah, banyak teman-teman saya yang sudah terlihat sangat ahli untuk urusan bermake-up. Saya pun mulai ingin memberikan sedikit warna-warna di wajah saya, misal dengan lipstick dan sebagainya hihihi ;;) Karena make-up ini saya pakai untuk kuliah, jadi sebisa mungkin terlihat natural. Jangan sampai kita dapet komen seperti ini di kampus :

"Mau ngampus apa ngelenong, neeeng?" atau 
"Mau jadi saingannya Syahroni yaa jeeenk..." 
Hahahaha. BIG NO NO!

Untuk itu, penting diketahui dasar-dasar untuk mendapatkan hasil make-up yang natural.

Berikut penjelasan singkatnya :
Anggap wajahmu terdiri dari 2 bagian, mulut dan bibir. 
Ada 3 prinsip yang harus diingat untuk mendapatkan make up natural :
• Make up bibir dan mata sama-sama tidak terlalu menonjol/soft (50 : 50)
• Make up mata tipis, make up bibir menonjol (20 : 80)
• Make up mata menonjol, make up bibir tipis (80 : 20)

Dari ketiga prinsip di atas, menurut saya make up soft ini paling simple dan nyaman buat sehari-hari, ke kantor, ke kampus ke mall pokoknya pas dengan make up perbandingan 50:50 yang sangat natural.


 Nah kira-kira contoh nya adalah seperti make-up Song Hye Kyo ini atau artis-artis korea lainnya.


Berbagai contoh make-up natural dapat ditemukan di berbagai beauty blog. Make up natural ini banyak diaplikasikan ketika seseorang ingin tetap terlihat cantik tanpa terlihat menggunakan make-up.Walaupun contoh make-up natural ini adalah orang korea tapi belum tentu kosmetik yang digunakan juga harus berasal dari sana. Daripada jauh-jauh mencari produk untuk menghasilkan tampilan make-up seperti mereka, lebih baik kita menggunakan produk lokal yang aman dan jelas kehalalannya karena kita telah memiliki moto Halal is My Life. Simak yu, make-up saya sehari-hari yang terhitung mudah dan memakan waktu singkat dengan menggunakan Wardah Kosmetik :)


Menu Kosmetik Halal Harian-ku

Selain menu makanan yang halal, menu kosmetik yang digunakanpun harus halal dong. Menu kosmetik? Yaa... Sama dengan makanan, kosmetik juga kan sesuatu yang secara tidak langsung dikonsumsi oleh tubuh kita. Karena Halal is My Life, jadi setiap hari semua yang bersentuhan deng tubuh harus halal. Wajib! Zero tolerance untuk yang diragukan kehalalannya.


Karena kegiatan saya sehari-hari hanya kuliah, maka saya biasa menggunakan make-up natural. Tidak terlalu banyak tapi tetap terlihat cantik dan segar.  Selain menggunakan kosmetik halal. Dua prinsip untuk make-up harian saya adalah :

Less is More and Keep it Simple 



Nah, ini dia menu halal harian saya, tidak lebih dari hanya lima produk saja! Semuanya sudah pasti dari wardah kosmetik yang jelas kehalalannya. Mau tau makeu-up natural yang saya gunakan sehari-hari dan tidak lebih dari lima langkah juga? Yuuuk simak terus...

Pertama : Persiapan dengan Wardah Moisturizer Cream
Hal yang paling utama dan penting dilakukan sebelum menggunakan make-up adalah dengan mempersiapkan kulit wajah. Pastikan kulit wajah dalam keadaan bersih, bebas dari minyak berlebih dan kotoran yang menempel. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membersihkan wajah. Selain itu, penting juga untuk melembapkan kulit untuk menghindari kerusakan pada kulit wajah akibat kekurangan nutrisi. Pemilihan jenis pelembap yang tepat sesuai jenis kulit sangat penting dilakukan. Pilihlah pelembap berbahan dasar air untuk kulit berminyak, dan pelembap yang mengandung minyak untuk kulit kering. 

Karena jenis kulit saya termasuk kering, maka Wardah Moisturizer Cream dengan kandungan olive oil menjadi produk pilihan dan kegemaran saya dari dulu.Pelembab ini benar-benar membuat kulit saya halus dan lembut terutama ketika akan menggunakan make-up. Tambahannya adalah, pelembap ini membuat bedak lebih menempel tahan lama tanpa harus menggunakan foundation sebelumnya. Pelembap ini juga sangat ringan sehingga nyaman dan cocok digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Aktifitas kuliah saya sering berada di ruangan ber-AC yang beresiko membuat kulit kering saya semakin kering. Tapi dengan menggunakan pelembap ini, masalah tersebut dapat diatasi. Kulit wajah saya tetap lembap dan terhidrasi dengan baik meskipun seharian berada di ruangan ber-AC.

Kedua : Wajah dengan Wardah Two Way Cake Extra Cover
Bedak dapat menjadi hanya pilihan ketika seseorang memiliki kulit wajah yang hampir sempurna. Tanpa noda bekas jerawat, pori-pori kecil dan warna kulit yang merata. Sayang sekali, saya bukan termasuk kedalamnya sehingga pemakaian bedak menjadi sesuatu yang tidak bisa dilewatkan. Bedak juga ada berbagai macam, dari mulai bedak tabur yang ringan, sampai two way cake yang memberikan efek mulus tanpa cela di wajah. Wardah kosmetik memiliki semuanya.

Wajah saya sedikit dihiasi dengan noda-noda bekas jerawat, hehehe. Sehingga membutuhkan coverage yang cukup baik. Saya menggunakan bedak Wardah Two Way Cake Extra Cover dengan warna Light Beige. Bedak ini benar-benar memiliki coverage yang sangat baik. Tanpa foundation dan concealer, noda-noda bekas jerawat saya dapat tertutupi dengan sempurna. Tanpa usaha yang banyak dan dengan waktu singkat saya bisa memiliki kulit wajah yang halus dan warna kulit yang merata. Bedak ini sangat membantu ketika saya tidak memiliki banyak waktu untuk berdandan. Hanya dengan sekali usap menggunakan spons aplikator yang sudah tersedia di dalamnya, saya siap untuk pergi ke kampus.

Ketiga :  Alis dengan Wardah Eyebrow Pencil
Jika kalian memiliki bulu alis yang cukup tebal, maka dengan menyisirnya saja alis tersebut sudah dapat membingkai wajah dengan cantik. Alis tebal berjejer menjadi idaman para perempuan saat ini. Sulam alis yang dapat membuat alis terlihat menjadi lebih tebal secara instant sudah pasti menjadi pilihan nya. Ssssttt.. Jangan sampai kita yang muslim ikut-ikutan trend ini ya, karena sulam alis dalam Islam sudah jelas hukumnya, yaitu haram. 

Lalu bagaimana menyiasati alis tipis (seperti saya) agar terlihat lebih tebal? Kan ada pinsil alis, lah kok repot-repot. Tinggal arsir-arsir mengikuti bentuk alis alami kita lalu disapu agar warnanya membaur. Beres deh. Kita bisa memilih warnanya sesuai keinginan, bisa hitam atau kecoklatan. Karena alis alami saya berwarna hitam, maka saya memilih Wardah Eyebrow Pencil dengan warna hitam karena fungsinya memang hanya untuk mempertegas bentuk alis alami saya saja. Untuk tampilan yang natural, hindari "menggambar" alis, tapi lebih disarankan hanya dengan "mewarnai" alis yang sudah ada. 

Keempat : Mata dengan Wardah Eyeliner Pencil
Untuk mata, bisa menggunakan eyeshadow dengan warna coklat muda hanya di bagian kelopaknya saja. Tetapi jika tidak memiliki banyak waktu, kita dapat hanya mengaplikasikan eyeliner warna coklat atau putih di bagian waterline mata kita. Jika ingin mempertajam bentuk mata, eyeliner warna hitam juga dapat menjadi pilihan. 

Saya lebih memilih hanya menggunakan eyeliner putih di bagian waterline. Kenapa putih? Karena saya memiliki mata yang kecil, maka eyeliner dengan warna hitam hanya akan membuat mata saya semakin kecil. Selain itu juga akan membuat mata saya semakin tajam sehingga terkesan berat. Wardah Eyeliner Pencil dengan warna putih memberikan efek memperbesar mata saya sekaligus memberikan kesan segar. Hal ini sangat cocok untuk  make-up natural pada mata sipit/kecil

Kelima : Bibir dengan Wardah Matte Lipstick
Berada di ruangan ber-AC seharian membuat bibir saya ikut menjadi korban kekeringan. Belum lagi warna bibir saya yang pucat seringkali membuat orang berfikir kalau saya sedang sakit (padahal mah alhamdulillah sehat wal'afiat). Nah untuk mensiasati nya, saya menggunakan lipstick dengan warna natural dan tidak terlalu glossy (takut disangka dosen makan gorengan di dalem kelas) hehe..

Pilihan saya jatuh pada Wardah Matte Lipstick dengan No. 19 (Essential Nude). Tekstur matte nya yang memberikan hasil menempel pada bibir tanpa efek kilau-kilau sama sekali membuat bibir saya seperti memiliki warna pink alami. Walaupun matte, karena kandungan moisturizernya cukup baik sehingga tidak membuat bibir saya pecah-pecah (ugh, flakey lips is never on fashion. Inget!). Warna nude yang hampir menyerupai pink bibir sangat terlihat natural dan cocok untuk pemakaian sehari-hari dan membuat saya selalu ingin keep smileeee :) hehehe...

Setelah langkah terakhir. Saya-selesai-dan-siap-berangkat-ke-kampus. Yay!
 



6 komentar:

  1. mbak, itu lipstick yang paling kanan sama sama pakai wardah no.19 juga? tapi kok keliatannya beda ya warnanya? Kalau iya itu pake lipstick, lipsticknya apa ya mbak? aku suka sama warnanya soalnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu sama nomor 19 juga say, cuma fotonya diambil pas lipstiknya udah agk lama dipake. Lama kelamaan ngeblend gt dengan warna bibir, hint nya agak pink nude gitu ;)

      Hapus
  2. mba'.. kalo buat wajah berjerawat?berminyak, pilih pake bedak yang apa ya?.. bedak tabur, two way cake apa compact powder.,,,
    tolong sarannya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam say :) untuk kulit berminyak sebenernya fine-fine aja mau pake bedak jenis apa. Tinggal pilih bedak yang bahan dasar nya air gt mineral powder. Tapi untuk sehari-hari emg lebih aman pake bedak tabur atau compact powder. Two way cake emg cenderung bikin kulit wajah tambah berminyak klo dipake untuk sehari-hari. Tapi jgn lupa mba, walopun jenis kulit ktia berminyak, jangan pernah skip penggunaan pelembap yaa. Pilih pelembap yang khusus utk kulit berminyak, klo di wardah sendiri ada namanya moisturizer gel. Semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  3. Cakep kak makeup ala Song Hye Kyo nya :D

    Mampir ke review mustika ratu simply stay di blog ku yaa.. Makasih..
    chalwoo <3

    BalasHapus
  4. Lengkap dan mudah dipahami... makasih mbakkk... ^^

    BalasHapus